Minggu, 01 Juli 2012

Lambang Tarung Derajat

 
Lambang Tarung Derajat diberi nama “PRIBADI MANDIRI” yang merupakan hasil penciptaan
Sang Guru Tarung Derajat yaitu G.H. Achmad Dradjat, Drs


Adapun arti Lambang sebagai berikut : 
1. Kepalan Tangan warna kuningdengan lingkaran pada kepalan dan arah tangan memukul kedepan
Menggambarkan bahwa kepalan tangan sebagai  lambang yang mewakili gerakan-gerakan beladiri, melambangkan untuk menuju masa depan yang lebih baik, khususnya dalam Olahraga Tarung Derajat. Warna kuning adalah simbol angin
2. Lingkaran 2 (dua) buah
  
melambangkan bahwa gerakan-gerakan Olahraga Tarung Derajat itu berdasarkan atas kemampuan Otot dan Otak.
3. Gambar kilat berwarna merah
 
Melambangkan dari suatu cita-cita yang luhur serta tekad yang membara dengan semangat juang tinggi. Warna merah adalah simbol api.

4. Lingkaran tebal 3/4 warna hitam dengan lima kotak putih
Simbol ini melambangkan wadah/ tempat untuk pembinaan diri. Warna hitam adalah simbol tanah. Penggodokan/pembinaan yang dilakukan berdasarkan atas lima unsur daya gerak yaitu kekuatan, kecepatan, ketepatan, keberanian dan keuletan. Lima unsur tersebut disimpulkan oleh lima kotak putih. Sedangkan warna putih adalah lambang air.


      Inti dari pelatihan Tarung Derajat, seperti digariskan Sang Guru, adalah untuk meningkatkan DERAJAT kehidupan dan kehormatan anggota. Dari situ pula lahir filosofi Tarung Derajat, yakni “JADIKANLAH DIRIMU OLEH DIRI SENDIRI”. Kata BOX sendiri merupakan kata salam/sapaan bagi para sesama anggota tarung derajat.
http://kodratbuleleng.files.wordpress.com/2011/01/box.jpg

 Lambang Petarung
      Lambang bagi anggota petarung adalah gerakan dua orang sedang bertarung dengan semangat tinggi (diambil dari siluet gerakan Kang Badai dan Kang Rimba). Para petarung memiliki sebutan ksatria pejuang dan pejuang ksatria.
http://kodratbuleleng.files.wordpress.com/2011/01/logo-warna.jpg 



Lambang dibawah ini biasa tertulis pada seragam latihan atau ijasah. 
 
dibaca dari atas ke bawah, ditulis sedemikian rupa adalah lambang dari tercipta dan berdiri nya ilmu beladiri Tarung Derajat melalui proses perjalanan panjang dan penuh dengan lika-liku kehidupan dari sang Guru beser Drs. H. Ahmad Drajat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar